Minggu, September 02, 2007

Adakah derita yang lebih dalam daripada ini?

Barangkali ada yang belum tahu. Foto karya Kevin Carter ini telah memenangkan penghargaan Pulitzer tahun 1994. Seorang anak perempuan Sudan yang menjadi obyek foto saat itu tengah berusaha keras menggapai makanan, sementara dibelakangnya terlihat burung bangkai seperti sedang menunggu dia mati untuk dijadikan makanannya.

Kevin Carter, jurnalis foto 'freelance' di Arika Selatan, akhirnya bunuh diri 2 bulan setelah menerima hadiah Pulitzer itu. Tragis memang. Kata teman lamanya, sepulang dari tugas yang seringkali membuatnya berduka, Carter 'minum' dan 'ngedrugs'. Setelah membuat foto tersebut, ia duduk dibawah pohon untuk menangis dan merokok tanpa henti - Ia tidak dapat melupakan kejadian mengerikan itu.

Tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada anak perempuan di fotonya itu. Tapi ada juga cerita yang mengatakan bahwa ia kembali untuk menyelematkannya. Dalam sebuah catatan yang ditinggalkannya saat ia bunuh diri tertulis bahwa ia dihantui oleh kenangan nyata tentang pembunuhan, mayat-mayat, kemarahan dan kesakitan anak-anak yang kelaparan dan yang terluka.

Tanpa komentar apapun, foto itu telah bercerita banyak tentang derita dan kepedihan yang sangat dalam. Rangkaian kata-kata rasanya takkan mampu mengungkapkannya secara tepat. Dan foto ini membuat aku berpikir, adakah derita lain yang lebih dalam daripada ini?

RISN

Tidak ada komentar: