Selasa, Januari 15, 2008

KERANGKA RAKSASA KAUM 'AAD JAMAN NABI HUD?


Mana mungkin foto ini tidak membuat heboh. Nyatanya, banyak blog yang memuat gambar sekaligus 'cerita' dibalik layar nya :)
Pertama kali aku melihat 'kerangka raksasa' ini beberapa tahun lalu di sebuah milis. Ya jelaslah aku pun terpesona setengah mati dibuatnya.

Karena kerangka ini diduga merupakan 'peninggalan' kaum 'Aad di jaman nabi Hud yang katanya bertubuh besar-besar bak raksasa, maka tak luput, pemuatan gambar pun disertai kutipan ayat Alquran
Apakah kamu (tidak percaya) dan heran bahwa datang kepadamu peringatan dari Tuhanmu yang dibawa oleh seorang laki-laki di antaramu untuk memberi peringatan kepadamu? Dan ingatlah oleh kamu sekalian di waktu Allah menjadikan kamu sebagai pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah lenyapnya kaum Nuh, dan Tuhan telah melebihkan kekuatan tubuh dan perawakanmu (daripada Kaum Nuh itu). Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” (Al-A’raf 69).

Tapi ada sesuatu yang membuat aku heran. Foto seheboh ini belum pernah aku dengar beritanya, kok ga pernah secara resmi di ekspose oleh media manapun dan negara manapun. So.. aku cuma nge-save karena termasuk jenis 'aneh' dan langka.

Belakangan, karena seringnya aku melihatnya kembali saat 'browsing' maka sungguh mati aku jadi penasaran deh judulnya..., dan ternyata.... banyak yang sudah tertipu, tidak terkecuali aku =))

Rupanya cerita/keterangan tentang foto ini dikacau balaukan dengan berita tentang penemuan Tim arkeolog yang dipimpin oleh Beaulognier dari Universitas Bordeaux, Perancis, yang telah menemukan fosil tulang tengkorak manusia Tumai yang usianya berkisar 6-7 juta th silam di padang pasir sebelah utara Chad, Afrika tengah (http://erabaru.or.id/k_01_art_80.htm). Entah bagaimana asal usul penyebarannya maka wilayah penemuan yang diberitakan berbeda-beda. Ada yang menuliskan bahwa kerangka ini ditemukan di daerah Arab Saudi, wilayah gurun pasir yang disebut sebagai wilayah kosong ('oRab-Ul-Khaleea') tetapi ada juga yang mengatakan penemuan ini berada di wilayah India.

Sedangkan nyatanya foto 'Giant' diatas diikutsertakan oleh "IronKite" untuk tema "the Archaeological Anomalies 2" di photoshop contest http://www.worth1000.com/, yaitu kontes foto-foto rekayasa/palsu (hoax) canggih bertemakan arkeologi.

Hmm.. karena rekayasa foto yang begitu sempurna kah ?? atau keyakinan yang membabi buta kah ?? sehingga membuat kita menjadi kurang kritis...

RISN

Tidak ada komentar: