Kamis, Agustus 09, 2007

MAKA BERPINDAHLAH UNSUR BUDAYA KITA KE TETANGGA..

Kemarin di Citos, waktu lagi makan siang, tiba-tiba, ujug-ujug mendadak, suara musik terdengar.. keras banget !!.. Gile.. kaget aku. Rupanya itu musik berasal dari panggung di lobby. Hmm.. pasti musik daerah neh.. soalnya ada suara alat musik khas daerah ntah apa namanya. Berikutnya, kayaknya aku mulai kenal deh sama lagu-lagunya.. Tidak salah lagi, ini pasti lagu-lagu Batak bah !! si Butet, siapa lagi kalau bukan orang batak :-)

Selesai makan, memang aku niat mau nonton walau cuma dari lantai atas. Semua pemain, sudah kuduga pasti menyelendangkan ulos.. :-) plus topi khas, buat para lelaki. Lagu-lagu batak memang terdengar enak apalagi kalo penyanyinya bersuara merdu. Hilang deh rasa lelah setelah keliling-keliling selama hampir 2 jam.

Tapi setelah lama menonton, aku mulai merasa sedih.. Ga tega euy.. Musik dan lagunya enak didengar. Kostum pemusiknya unik dan khas. Penyanyinya juga cantik.. Tapi penonton sepiiiiii… kayak di kuburan. Lha pengaturan acaranya juga terkesan mau-mau enggak-enggak. Kursi penonton cuma ada 5 'butir' (saking dikitnya nih).. basa basi banget. Seolah sudah diantisipasi ga bakalan ada yang mau nonton. Tampil di hari sepi pula. Padahal penyanyi nya udah berupaya banget manggil-manggilin orang supaya mau naik dan nyanyi di panggung. Kesian deehhh… :-( Coba dia nengok keatas manggil gw, pasti gw langsung terjun bebas ke atas panggung.. hehe..

Mendadak aku ingat NKRI. Katanya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Trus ada semboyan yang (dulu) selalu dibanggakan... Bhineka Tunggal Ika. Keduanya menyiratkan adanya keanekaragaman tapi tetap bersatu. Beraneka suku bangsa, bahasa, budaya, tradisi, tapi tetap bersatu. Kumpak ni ye critanye? Banyak yang khas, banyak yang unik. Itu lah Indonesia.

Tapi kok yang khas dan unik itu mulai dicuekin ??? Lama-lama aku melihatnya seperti perahu kecil ditengah lautan yang memanggil manggil minta perhatian tapi tanpa pengeras suara. Sementara di sekelilingnya melintas.. mondar mandir kapal-kapal besar dan megah bersuara keras. Yaaahh.. sapa yang mau dan bisa dengar? perahu kecil dan kuno koyo ngono rek. Padahal perahu model gitu masih banyak lho.. Musti di apain dong supaya tetap bisa menarik perhatian ditengah kapal-kapal megah itu?

Jangan-jangan ahirnya kita malah harus merubah semboyan. Bhineka tapi ga ngaruh.… :(

RISN

Tidak ada komentar: