Selasa, Agustus 07, 2007

MENULIS DAN TULISANKU

Bagiku menulis adalah 'releasing' sekaligus hiburan. Maksudnya 'releasing', sebetulnya sih lebih karena bingung apa mencari kata yang tepat untuk mengeluarkan uneg-uneg, mengungkapkan perasaan dan buah pikiran yang terasa penuh di kepala. Sedangkan hiburan, ya begitu lah.. aku merasakan keasikan dan kenikmatan sendiri kalau bisa menuliskan apa yang aku rasakan dan pikirkan. Bahkan ketika aku sedang sibuk sekalipun kadang aku ingin menulis sesuatu hanya untuk sekedar 'refreshing'.

Kejadian sehari-hari yang aku alami seringkali memberi kesan yang dalam untukku. Tapi maksud dari kejadian yang aku alami disini adalah dalam arti seluas-luasnya. Bisa jadi memang secara fisik aku sendiri yang mengalaminya, atau mungkin aku mengalaminya hanya melalui indera saja. Mungkin aku mendengar cerita tentang suatu kejadian, atau bisa jadi aku membaca tentang sesuatu. Yang pasti aku selalu ingin mengungkapkan kesan yang dalam itu, lewat kata-kata, melalui sebuah tulisan.

Kesan itu kadang mengundang aku untuk memikirkannya lebih jauh. Tidak hanya itu, dia juga bisa mengundang keingintahuan yang lebih dalam tentang arti atau makna dari semua itu. Maka ahirnya cerita tidak lagi hanya sebuah cerita. Bisa jadi dia ngalor ngidul kemana-mana hehe... tergantung kemana pikiran ku berjalan, atau tergantung arti atau makna apa yang aku peroleh lewat pencarian yang panjang. Maksudnya lewat baca-baca buku, lewat searching di internet, lewat tanya-tanya, pokoknya lewat yang serba bisa dilewati deh.. :-)


Itu tentang arti menulis untukku dan tentang tulisanku.

Yah ahirnya॥ apalagi sih yang aku harapkan selain tulisanku bisa dibaca juga oleh orang lain, dan syukur alhamdulillah kalau bermanfaat।
RISN

1 komentar:

narcist-astrajingga mengatakan...

writing can bring you to "spiritual orgasm".(Narcist Astrajingga)